Sabtu, 16 Mei 2015

DEFERENSIASI DAN POSISI PENAWARAN PASAR



DEFERENSIASI DAN POSISI PENAWARAN PASAR

A.     CITRA PERUSAHAAN
Perusahaan yang telah memiliki citra yang positif dimata konsumen akan berpengaruh terhadap persepsi kualitas dengan berbagai cara.Menurut Gronroos dalam “Service Management and Marketing” (1990:38), kualitas terpadu terbentuk oleh kualitas teknis dan kualitas fungsional dan citra berperan sebagai filter. Jika perusahaan memiliki citra yang baik di mata pelanggan, maka kesalahan-kesalahan kecil dapat dimaafkan oleh pelanggan. Apabila kesalahan-kesalahan tersebut terjadi berulang kali maka citra perusahaan dapat rusak, namun apabila citra perusahaan sudah buruk, maka kesalahan sebesar apapun akan berdampak negatif yang lebih besar. Membangun citra positif dilakukan melalui bagaimana kita berkomunikasi, berpenampilan, dan cara memperlakukan pelanggan. Menciptakan citra positif artinya :
-          Membantu pelanggan melihat keistimewaan produk kita melalui cara yang terbaik
-          Melakukan apa saja yang mungkin untuk menampilkan citra positif dari perusahaan dan layanan kita
-          Mengembangkan hubungan yang mampu membuat pelanggan merasa diistimewakan dan dihargai sebagai seorang pribadi
Menurut Kotler menjelaskan bahwa “Corporate image is the consumer’s response to the total offering and is lefined as a sum the belief, ideas and impressions that a public has an organization.” Artinya citra perusahaan adalah respon konsumen pada keseluruhan penawaran yang diberikan perusahaan dan didefinisikan sebagai sejumlah kepercayaan, ide-ide dan kesan masyarakat pada suatu organisasi.
1.      Faktor yang Mempengaruhi Citra Perusahaan
-       Orientasi terhadap manfaat yang telah diberikan atau diterima, dan sebagaimana diinginkan oleh kelompok khalayak sasarannya
-       Manfaat yang ditampilkan melalui kualitas atau kuantitas pelayanan
-       Citra yang baik tersebut dipresentasikan berdasarkan kemampuan perusahaan, kebanggaan, nilai-nilai kepercayaan, kejujuran dan mudah dimengerti oleh publik
-       Citra yang baik muncul dari akibat penilaian atau tanggapan publik
-       Citra baik perusahaan lainnya dapat timbul dari aspek yang menampilkan keseriusannya dalam tanggung jawab sosial perusahaan
2.      Identifikasi Citra
Citra yang efektif melakukan tiga hal, pertama memantapkan karakter produk dan ususlan nilai, kedua menyampaikan karakter itu dengan cara yang berbeda sehingga tidak dikacaukan dengan karakter pesaing, ketiga memberikan kekuatan emosional yang lebih dari sekedar citra mental.
3.      Cara Meningkatkan Citra Perusahaan
Cara meningkatkan citra perusahaan salah satunya adalah menjadi perusahaan yang bernilai di mata para pelanggan. Menjadi perusahaan yang bernilai bisa ditimbulkan dari produk yang dihasilkan perusahaan tersebut, menggunakan sifat bekerja keras pada perusahaan, tanggung jawab sosial, dan dengan meningkatkan reward loyalitas.
4.      Deferensiasi Citra
Defernsiasi citra adalah bauran yang tepat dari elemen pencitraan, yang menciptakan citra sebuah merek. Proses pencitraan harus membangun, memaksimalkan, memanfaatkan dan mengekspoitasi kekuatan dan kelemahan setiap elemen citra untuk memastikan bahwa merek itu memiliki prospek yang baik secara terus menerus. Dalam deferensiasi citra ada empat hal utama yang menjadi hal inti, yaitu lambang, media, suasana dan peristiwa.

B.     DEFERENSIASI PERSONIL
1.      Pentingnya Deferensiasi Personil
Hasket & Sasser (2000) dalam putting employee first, mengemukakan bahwa people (employee) adalah faktor yang berperan penting dalam organisasi. Dalam perusahaan jasa, unsur people bukan hanya memainkan peran penting dalam bidang produksi atau operasional saja, tetap juga dalam melakukan kontak dengan konsumen langsung.
2.      Karakteristik Deferensiasi Personalia
Menurut Philip Kotler, personalia yang terlatih menunjukan enam karakteristik yaitu kompeten, sopan, kredibiltas, dapat diandalkan, responsif dan komunikatif.

C.     DEFERENSIASI SALURAN
1.      Macam-macam Saluran Distribusi
a.       Saluran distribusi barang konsumsi
·         Produsen – konsumen
·         Produsen – pengecer – konsumen
·         Produsen – pedagang besar – pengecer – konsumen
·         Produsen – agen – pengecer – konsumen
b.      Saluran distribusi barang industri
·         Produsen – pemakai industri
·         Produsen – ditributor industri – pemakai industri
·         Produsen – agen – pamakai industri
·         Produsen – agen – distributor industri – pemakai industri
2.      Strategi Saluran Distribusi
Dalam melakukan deferensiasi saluran, perusahaan dapat melakukan strategi berdasarkan pada distribusi eksklusif, distribusi selektif dan distribusi intensif.
3.      Macam-macam perantara
a.       Perantara pedagang, terdiri dari pedagang besar (wholesaler) dan pengecer (reseller)
b.      Perantara agen, terdiri dari agen penunjang (facillitating agent) dan agen pelengkap (supplement agent).
4.      Keuntungan Penggunaan Saluran Distribusi
a.       Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen
b.      Kegiatan distribusinya cukup baik bilamana perantara sudah mempunyai pengalaman
c.       Perantara dapat membantu menyediakan peralatan dan jasa reparasi yang dibutuhkan untuk beberapa jenis produk tertentu
d.      Perantara dapat membantu di bidang pengangkutan dengan menyediakan alat-alat transportasi
e.       Perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpanan
f.       Perantara dapat membantu di bidang keuangan dengan menyediakan sejumlah dana untuk melakukan penjualan secara kredit kepada pembeli akhir
g.       Keuntungan lain yang diharapkan ol;eh produsen
5.      Faktor Pertimbangan dalam pemilihan Perantara
Dalam melakukan pemilihan perantara yang akan menyalurkan barang hasil produksinya, para pengusaha harus banyak melakukan partimbangan perantara mana yang akan dipakai untuk menyalurkan hasil produksinya. Umumnya, perantara yang perlu dipertimbangkan para pengusaha yaitu servis yang diberikan, kemampuan menual dan biaya.
6.      Penentuan Perantara
Produsen dapat memilih tiga alternatif pilihan dalam memilih perantara yaitu distribusi intensif,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar