RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK 45 Lembang
Tahun Pelajaran :
2014/ 2015
Kelas/ Semester :
XI (sebelas)/ II
Program Keahlian :
Bisnis Manajemen
Paket Keahlian :
Paket Keahlian Pemasaran (C2)
Mata Pelajaran : Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Alokasi waktu :
2x2
JP
Materi Pokok :
1. Pengertian Sistem Ekonomi
2. Jenis-jenis Sistem Ekonomi
3.Pengaruh Sistem
Ekonomi terhadap Perekonomian dan bisnis
Pertemuan ke : 1 dan 2
A.Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi
Dasar
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1.
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6
Mendeskripsikan sistem ekonomi dunia dan hubungan
ekonomi dan bisnis
4.6 Mengevaluasi sistem ekonomi
dunia dan pengaruhnya terhadap bisnis
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Selama dan setelah
proses belajar
siswa
dapat
memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya dengan adanya ilmu ekonomi dan bisnis
2. Selama dan setelah
proses belajar
siswa
dapat
menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam sistem
ekonomi yang ada di dunia termasuk di Indonesia.
3. Selama dan setelah proses belajar
siswa dapat menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
terhadap sistem ekonomi di dunia
4. Setelah melakukan Tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis
sistem ekonomi, cici-ciri sistem ekonomi dan hubungannya terhadap ekonomi dan
bisnis
5. Setelah mengamati dan mendemonstrasikan siswa dapat mengevaluasi sistem ekonomi dunia dan pengaruhnya terhadap
bisnis
D. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya dengan adanya ilmu ekonomi dan bisnis
2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam sistem ekonomi yang ada di dunia
termasuk di Indonesia
3. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan terhadap sistem ekonomi di dunia
4. Mendeskripsikan jenis-jenis
sistem ekonomi, cici-ciri sistem ekonomi dan hubungannya terhadap ekonomi dan
bisnis
5. Mengevaluasi sistem ekonomi dunia dan pengaruhnya terhadap
bisnis
E. Materi Ajar
A. Pengertian Sistem Pasar
Sistem
ekonomi adalah perangkat atau alat yang dipilih dan digunakan negara untuk
memecahkan persoalan-persoalan ekonomi secara menyeluruh. Sistem ekonomi
dimaksudkan untuk mengarahkan segala kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya pada
suatu tujuan. Tujuan tersebut meliputi :
1.
Kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
2.
Pertumbuhan ekonomi
3.
Kestabilan ekonomi tanpa pengangguran
4.
Distribusi pendapatan yang merata
5.
Perimbangan yang wajar antara kepentingan umum dan
kepentingan perorangan
6.
Adanya dorongan atau intensif untuk ikut berpartisipasi
dalam kegiatan ekonomi
7.
Adanya koordinasi yang efektif dan efisien terhadap
semua pelaku dalam kegiatan ekonomi
B. Jenis-Jenis Sistem Ekonomi
Sistem
ekonomi awalnya dikelompokan dalam tiga jenis, yaitu sistem ekonomi
tradisional, sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi liberal. Namun dalam
perjalanannya tidak ada satu negara pun yang melaksanakan ketiga sistem
tersebut secara murni.
1. Sistem
Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi
tradisional adalah sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional
secara turun temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja.
Ciri-ciri sistem
ekonomi tradisional yaitu :
a. Teknik
produksi dipelajari secara turun temurun dan bersifat sederhana
b. Hanya
sedikit menggunakan modal
c. Pertukaran
dilakukan secara barter
d. Belum
mengenal pembagian kerja
e. Masih
terikat tradisi
f. Tanah
menjadi tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran
2. Sistem
Ekonomi Terpusat
Sistem ekonomi
terpusat adalah suatu sistem dimana kegiatan ekonominya dominan diatur oleh
pemerintah pusat atau sering disebut sistem ekonomi komando. Ciri-ciri sistem
ekonomi terpusat yaitu :
a. Kegiatan
ekonomi baik produksi, distribusi maupun konsumsi diatur oleh pemerintah
b. Semua
barang modal atau alat produksi dikuasai pemerintah
c. Hak
milik perorangan tidak diakui
d. Kebebasan
individu dalam berusaha tidak ada
e. Kegiatan
ekonomi tidak melibatkan masyarakat atau swasta
3. Sistem
Ekonomi Liberal
Sistem ekonomi liberal
adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan kepada setiap
individu dan swasta untuk menguasai kegiatan ekonomi. Perekonomian sepenuhnya
mengikuti mekanisme pasar, yaitu kekuatan permintaan dan penawaran. Pemerintah
hanya bertugas melindungi, menjaga dan memberi fasilitas agar setiap individu
dapat menjalankan hak dan kebebasannya dengan sebaik-baiknya. Sistem ini
disebut juga dengan sistem ekonomi kapitalis karena modal memegang peranan
penting dalam kegiatan ekonomi.
Ciri-ciri sistem
ekonomi liberal yaitu :
a. Setiap
individu bebas memiliki barang dan alat-alat produksi
b. Semua
sektor kegiatan ekonomi dilakukan oleh masyarakat (swasta)
c. Pemerintah
tidak ikut campur secara langsung dalam kegiatan-kegiatan ekonomi
d. Modal
memgang peranan penting dalam kegiatan ekonomi
e. Terdapat
persaingan bebas antar perusahaan
4. Sistem
Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi
campuran adalah sistem ekonomi yang menggabungkan lebih dari satu aspek sistem
ekonomi. Ciri-ciri sistem ekonomi campuran yaitu :
a. Pemerintah,
swasta, dan individu bersama-sama berperan serta dalam perekonomian tapi dengan
porsi yang berbeda-beda
b. Pemerintah
membuat kebijaksanaan dan peraturan yang dapat mendorong pertumbuhan kegiatan
ekonomi yang dilakukan oleh individu dan swasta
c. Swasta
dan individu bisa memiliki faktor-faktor produksi sesuai dengan peraturan
pemerintah
C. Pengaruh Sistem Ekonomi terhadap
Perekonomian dan Bisnis
1. Pengaruh
sistem ekonomi terpusat terhadap perekonomian dan bisnis
Kegiatan produksi
dan distribusi diatur sedemikian rupa oleh pemerintah dan jenis barang yang
dibuat didasarkan pada standar pemerintah. Oleh karena itu sangat mudah
dikontrol bila terjadi penyimpangan. Barang diproduksi secara masal dan
keuntungan yang diperoleh dikelola oleh negara untuk kemakmuran bersama.
2. Pengaruh sistem ekonomi liberal terhadap
perekonomian dan bisnis
Dalam sistem ekonomi
liberal sangat bergantung pada mekanisme pasar. Harga barang sangat dipengaruhi
oleh penawaran dan permintaan. Adapun kegiatan bisnis ditandai persaingan yang
ketat antar pelaku bisnis. Persaingan tersebut mendorong para pelaku berlomba
untuk memproduksi dan menciptakan produk yang berkualitas. Akibatnya, hanya
produk berkualitas saja yang laku di pasar.
3. Pengaruh
sistem ekonomi campuran terhadap perekonomian dan bisnis
Dalam sistem ekonomi
campuran dikuasai oleh negara dan swasta. Dalam sistem ekonomi campuran dikenal
perusahaan milik negara, perusahaan milik swasta dan perusahaan gabungan yang
dimiliki oleh negara dan swasta. Baik negara maupun swasta memiliki pengaruh
penting dalam perekonomian, karena dalam sistem ekonomi campuran seakan-akan
terjadi pembagian lahan usaha antara swasta dan negara.
E.Pendekatan/Model/Metode
1.
Pendekatan : Pendekatan saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Pembelajaran Inquiri Terbimbing dan Discovery
learning
3.
Metode : Paparan, Praktek
terbimbing, Diskusi dan Tanya jawab
F.
Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1. Alat
1. Laptop, Hp
2.
LKS
(Lembar Kerja Siswa)
2.
Media
1. LCD projector, Powerpoint,
3. Sumber Pembelajaran
•
Buku Guru dan Buku Siswa
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 : Pengertian sistem pasar dan
jenis-jenis sistem ekonomi
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
dan guru bersama-sama memulai pembelajaran dengan berdo’a.
2.
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya.
3.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.(apersepsi)
4.
Siswa
menerima informasi tentang kompetensi dan materi yang akan dipelajari,
langkah pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan
|
15 menit
|
Inti
|
Fase1: Stimulation (Pemberian rangsangan)
1.
Siswa
memperhatikan penjelasan guru pengertian sistem pasar dan jenis-jenis sistem
ekonomi. (Mengamati)
2.
Guru
memberikan permasalahan yang cukup menantang
untuk memicu sikap berfikir kritis siswa yang berkaitan dengan sistem
ekonomi dunia. (Menanya)
3.
Siswa
berdiskusi secara berkelompok untuk melakukan penalaran dan menyampaikan
pendapatnya.
Fase2:
Problem statement (pertanyaan/ identifikasi masalah)
1.
Guru
memberikan orientasi masalah secara konseptual tentang sistem pasar dan
jenis-jenis sistem ekonomi
Fase3: Data collection (pengumpulan
data)
1.
Guru
mendorong siswa mengumpulkan informasi dari berbagai media tentang sistem
pasar dan jenis-jenis sistem ekonomi. (Mengumpulkan
informasi/ mencoba)
2.
Siswa
menganalisis informasi yang berkaitan dengan sistem pasar dan jenis-jenis
sistem ekonomi
3.
Siswa
berdiskusi tentang sistem pasar dan jenis-jenis sistem ekonomi
Fase 4 : Data
Proccessing (pengolahan data)
1.
Siswa
menuliskan kembali fakta-fakta yang diperoleh dari hasil membaca buku dan
hasil browsing. (Mengasosiasi/
menalar)
2.
Secara
berkelompok siswa mendiskusikan permasalahan yang diajukan dan menuliskan
fakta-fakta untuk dijadikan bahan presentasi.
Fase5:
Generalization (menarik kesimpulan / generalisasi)
1.
Setelah
kegiatan diskusi selesai, setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya. (Mengkomunikasikan)
2.
Siswa
mengamati dan memberikan tanggapan terhadap setiap kelompok penyaji.
3.
Siswa
mencermati penguatan yang diberikan oleh guru.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Guru
melakukan tanya jawab dengan siswa untuk membuat rangkuman materi belajar.
2.
Guru
memberikan penguatan konsep dari materi yang diajarkan.
3.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdo’a, dan memberikan motivasi
untuk tetap semangat serta mengingatkan siswa untuk mempelajari materi baru
yang lebih menantang.
4.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menganalisis strategi produk dan strategi
harga yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
|
15 menit
|
Pertemuan 2 : Pengaruh sistem ekonomi terhadap
perekonomian dan bisnis
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
dan guru bersama-sama memulai pembelajaran dengan berdo’a.
2.
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya.
3.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.(apersepsi)
4.
Siswa
menerima informasi tentang kompetensi dan materi yang akan dipelajari,
langkah pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan
|
15
menit
|
Inti
|
Fase1: Stimulation (Pemberian rangsangan)
1. Siswa memperhatikan penjelasan
guru pengertian pengaruh sistem ekonomi terhadap perekonomian dan bisnis. (Mengamati)
2. Guru memberikan permasalahan
yang cukup menantang untuk memicu
sikap berfikir kritis siswa yang berkaitan dengan pengaruh sistem ekonomi
terhadap perekonomian dan bisnis. (Menanya)
3. Siswa berdiskusi secara
berkelompok untuk melakukan penalaran dan menyampaikan pendapatnya.
Fase2: Problem statement (pertanyaan/
identifikasi masalah)
1.
Guru
memberikan orientasi masalah secara konseptual tentang pengaruh sistem
ekonomi terhadap perekonomian dan bisnis
Fase3: Data collection (pengumpulan
data)
1.
Guru
mendorong siswa mengumpulkan informasi dari berbagai media tentang pengaruh
sistem ekonomi terhadap perekonomian dan bisnis. (Mengumpulkan informasi/ mencoba)
2.
Siswa
menganalisis informasi yang berkaitan dengan pengaruh sistem ekonomi terhadap
perekonomian dan bisnis
3.
Siswa
berdiskusi tentang pengaruh sistem ekonomi terhadap perekonomian dan bisnis
Fase
4 : Data Proccessing (pengolahan data)
1.
Siswa
menuliskan kembali fakta-fakta yang diperoleh dari hasil membaca buku dan
hasil browsing. (Mengasosiasi/
menalar)
2.
Secara
berkelompok siswa mendiskusikan permasalahan yang diajukan dan menuliskan
fakta-fakta untuk dijadikan bahan presentasi.
Fase5: Generalization (menarik kesimpulan / generalisasi)
1.
Setelah
kegiatan diskusi selesai, setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya. (Mengkomunikasikan)
2.
Siswa
mengamati dan memberikan tanggapan terhadap setiap kelompok penyaji.
3.
Siswa
mencermati penguatan yang diberikan oleh guru.
|
50
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
melakukan tanya jawab dengan siswa untuk membuat rangkuman materi belajar.
2.
Guru
memberikan penguatan konsep dari materi yang diajarkan.
3.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdo’a, dan memberikan motivasi
untuk tetap semangat serta mengingatkan siswa untuk mempelajari materi baru
yang lebih menantang.
4.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menganalisis strategi produk dan strategi
harga yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
|
15
menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik penilaian : Pengamatan dan Tes Tertulis
2. Prosedur
penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
1.
Menunjukkan sikap jujur
dalam kegiatan mengerjakan
tugas/ latihan.
2. Menunjukkan
sikap
disiplin
dalam kegiatan pembelajaran.
3. Menunjukkan
sikap
tanggungjawab
dalam kegiatan melaksanakan tugas
yang diberikan.
4. Menunjukkan
sikap
teliti dalam kegiatan
melaksanakan tugas
yang diberikan.
|
1. Pengamatan/observasi
Lampiran 1
2. Penilaian antar teman
Lampiran 2
3. Penilaian diri
Lampiran 3
4. Jurnal
Lampiran 4
|
1.
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Dilakukan diakhir semester 1 peserta didik dinilai oleh 5 peserta didik lainnya
3.
Dilakukan diakhir semester
4.
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Mendeskripsikan
sistem ekonomi dan hubungannya dengan bisnis dalam bentuk objektif dan uraian
|
1.
Tes tertulis
Lampiran 5
|
1.
Mengerjakan
soal setelah selesai pembelajaran
|
3.
|
Keterampilan
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan sistem ekonomi dan hubungannya dengan bisnis
|
1.
Praktik
Lampiran
6
2.
Portofolio
Lampiran
7
|
1.
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) pada saat melakukan praktik di lab
2.
Pada saat diskusi dan menyusun laporan
|
Bandung, 15 Februari 2015
Guru Pamong,
Effi
Rosmawati, S.Pd
NUPTK. 0150.758. 6030.0123
|
Praktikan,
Ika
Ferawati
NIM.1103962
|
Mengetahui,
Kepala SMK 45 LEMBANG
Drs. H. Denny Mariana, S.Pd, MM
NUPTK. 6055.7376.4020.0013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar